5 Contoh Polimesi Singkat Lengkap

Minna kali ini admin akan memberikan contoh polimesi beserta dengan pengertiannya. Polimesi merupakan bentuk bahasa (kata atau frase) yang memiliki makna lebih dari satu. Polisemi terjadi akibat pergeseran makna, sehingga mempunyai hubungan antara semua makna kata itu.
5 Contoh Polimesi Singkat Lengkap


Contoh Polimesi


Wacana 1

Setiba dirumah, Ani jatuh sakit. Ia kehujanan semalam. Ia berkunjung ke rumah nenek dengan sepeda. Sebenarnya ia sudah diperiksakan ke dokter, tetapi badannya masih panas. Oleh karena itu, ia harus menaati anjuran dokter yang memeriksanya.

Wacana 2

Harga gabah jatuh. Banyak petani yang merasa sedih. Hasil panen yang didapat tidak sesuai dengan harapannya. Untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, ia harus berhutang dulu kepada tetangganya.

Wacana 3

Ina jatuh dalam ujian. Ia terlihat murung dan sedih. Aku kasihan melihatnya. Aku berharap ia dapat mengulang ujian nya itu.
Makna kata jatuh dalam wacana 1 berbeda dengan makna jatuh pada wacana 2 dan wacana 3. Tahukah kalian makna jatuh pada ketiga kalimat tersebut ? Nah, perbedaan makna kata dalam ketiga kalimat itu disebut polisemi.
Perhatikan contoh berikut ini !
Surat resmi menggunakan kepala surat.
Kepala : bagian surat yang terletak di bagian atas.
Kepalanya kemarin terkena bola.
Kepala : bagian tubuh paling atas.
Ia sekarang menjadi kepala rumah tangga.
Kepala : pemimpin.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×