10 Enzim Pencernaan macam-macam & Fungsinya

Minna, kali ini saya akan Membahas enzim pecernaan pada manusia beserrta fungsi dan macam-macamnya. Pelajaran ini ditemukan pada pelajaran biologi kelas X, XI, XII. mengapa diajarkan disetiap kelas? karena enzim adalah hal penting dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu saya akan membahas tentang pengertian enzim, macam-macam enzim dan fungsi enzim
10 Enzim Pencernaan macam-macam & Fungsinya


Pengertian Enzim


Enzim adalah bimolekul yang memiliki peran dalam melakukan berbagai reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh.

Reaksi kimia yang dimaksud adalah pertumbuhan, pencernaan, pernafasan dan lainnya. Nah yang akan kita bahas kali ini yaitu enzim yang berperan dalam proses pencernaan tubuh kita.


Seperti namanya, Enzim Pencernaan membantu dalam proses pencernaan yang dimulai dari mulut - lambung - usus halus - pankreas - dan hati. Oke kita langsung saja melihat nama-nama enzim pencernaan beserta fungsi dan organ yang menghasilkan enzim tersebut.


Macam-Macam Pencernaan 



Pencernaan Mekanik
Proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk halus dengan bantuan alat pencernaan seperti gigi
Terjadi di rongga mulut & lambung

Pencernaan Kimiawi
Pengubahan makanan dari struktur komplek menjadi struktur yang lebih sederhana. Proses ini dibantu oleh enzim pencernaan
Terjadi di rongga mulut, lambung dan usus halus (duodenum) 


Enzim Pencernaan dan Fungsinya


Mulut (Enzim Amilase)
Organ pertama yang kita gunakan untuk mencerna makanan adalah mulut. Banyak yang mengira kalau mulut hanyalah untuk menghaluskan atau melunakkan makanan yang kita makan agar mudah untuk ditelan, namun ternyata organ mulut juga menghasilkan sebuah enzim yang dihasilkan oleh kelenjar ludah yang bernama Enzim Amilase.

Enzim Amilase atau ptialin memiliki fungsi untuk mengubah pati atau amilum menjadi maltosa. Untuk membuktikannya kalian bisa mencoba untuk memakan nasi dan mengunyahnya dalam waktu yang agak lama, kurang lebih 3 -5 menit dan rasakan apa yang terjadi, nasi yang anda makan tadi akan terasa manis. Hal tersebut karena adanya enzim amilase ini.


Lambung (HCl, Renin, dan Pepsin)
Organ selanjutnya yaitu Lambung. Didalam lambung terjadi reaksi kimia yang disebabkan karena adanya enzim-enzim yaitu Renin, Pepsin dan asam lambung atau HCl. Kita akan membahasnya satu persatu.
Asam Lambung (HCl), adalah zat kimia yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan. Selain itu, HCl juga membantu kerja enzim pepsin dalam mengubah protein.
Enzim Renin, adalah enzim yang memiliki fungsi mengubah kaseinogen menjadi kasein.
Enzim Pepsin, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton, proteosa, dan polipeptida.

Pankreas (tripsin, enzim lipase pankreas, enzim amilase pankreas, dan enzim karbohidrase pankreas)
Organ berikutnya yaitu Pankreas yang menghasilkan beberapa enzim. Berikut macam-macam enzim yang dihasilkan pankreas beserta fungsinya:
Tripsin, memiliki fungsi untuk mengubah protein menjadi polipeptida.
Enzim lipase pankreas, memiliki fungsi untuk mengemulsikan lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
Enzim amilase pankreas, memiliki fungsi untuk mengubah amilum menjadi disakarida.
Enzim karbohidrae pankreas, memiliki fungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa.

Usus Halus
Didalam usus halus terdapat beberapa enzim yang memiliki peran berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, berikut macam-macam enzim pada usus halus beserta fungsinya:
  • Enzim maltase, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah maltosa menjadi glukosa.
  • Enzim laktase, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa.
  • Enzim enterokinase, adalah enzim yang memiliki fungsi untuk mengubah tripsinogen menjadi tripsin.
  • Enzim lipase, adalah enzim yang berfungsi untuk mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak.
  • Enzim peptidase, adalah enzim yang berfungsi mengubah polipeptida menjadi asam amino.
  • Enzim sukrase, adalah enzim yang berperan dalam mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.

Hati (Empedu)

Hati manusia yang di maksudkan di sini adalah perasaan, atau nurani seseorang. Namun hati sebagai organ yang membantu proses pencernaan manusia. Hati merupakan bentuk organ kecil yang ada di sebelah kanan. Salah satu fungsinya adalah membantu mengemulsikan lemak. Bagaimana caranya? Dengan mengeluarkan cairan empedu. (baca : fungsi hati manusia)

Di dalam hati juga mengeluarkan birilubin dan biribilin. Zat ini lah yang nantinya akan memberikan warna kuning pada feses atau tinja. Iniah alasan mengapa hasil ekskresi yang di keluarkan melalui dubur berwarna kuning. Sedangkan beberapa organ tubuh yang mampu bekerja untuk menghasilkan kelenjar kelenjar pencernaan. Pada bagian ini sangat berguna dalam membantu untuk mempermudah dan memperlancar proses pengolahan makanan. Inilah organ tubuh yang membantu memproduksi kelenjar pencernaan tersebut, antara lain :

  • Dinding lambung manusia
  • Dinding usus
  • Pancreas
  • Hati atau empedu

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×