4 Contoh Karangan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah contoh yang berupa karangan berbentuk paragraf singkat yang kalimatnya menonjolkan unsur penting dari suatu paragraf deskripsi. Terdiri atas 4 contoh dari bermacam-macam topik. Contoh ini akan dibagi menjadi dua bahasa, yaitu 4 paragraf deskripsi dalam bahasa Indonesia. Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh, untuk kita ketahui bersama bahwa untuk dapat membuat paragraf deskripsi dengan benar, terlebih dahulu kita harus tahu tentang apa itu teks deskripsi? Agar contoh teks yang kita buat benar-benar layak disebut sebagai teks deskripsi. Sebab, teks ini tentu saja sangat berbeda dengan jenis teks lainnya.
4 Contoh karangan Paragraf Deskripsi

4 Contoh Karangan Teks Deskripsi
Apa itu Paragraf Deskripsi?
Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu menurut pengalaman pancaindra, tanpa disertai pendapat pribadi penulis atas pengalaman tersebut. Paragraf ini bertujuan memberi penjelasan kepada pembacanya sehingga seolah-olah meraka dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dideskripsikan oleh penulis.


1.   Contoh Paragraf Deskripsi Singkat

Kelurahan bibi ani terletak di sebuah lereng gunung yang sangat subur. Jarak tinggal bibi ani dengan puncak gunung itu hanya sekitar 8 kilometer. Dari puncak gunung ini kira bisa memendang hamparan sawah yang padinnya telah menguning untuk siap panen,.... Rumah penduduk yang dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau membuat suasana menyenangkan. Aku rasanya ingin lebih lama tinggal bersama bibi ani.

Pembahasan Paragraf tersebut mendeskripsikan keindahan alam si lereng gunung (bukan pegunungan) yang dilihat daru puncak gunung. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah yang melukiskan keadaan alam disana juga, jadi kalimat yang tepat untuk mengisi paragraf tersebut adalah sungai kaki gunung itu berkelok-kelok menyisir kaki gunung.


2.  Contoh Paragraf Deskripsi

Suasana desa pesisir dengan dunia perikanan sebagan keseharian akan dijumpai begitu sampai di pantai tritis. Jejeran perahu-perahu motor yang biasa digunakan warga untuk mencari ikan dapat dijumpai disini. Tidak jauh dari perahu motor itu, terdaat beberapa jala berserakan yang menunjukan baru saja digunakan. Sejumlah kecil warga membuka warung munuman sekedarnya untuk para wisatawan.

Pada contoh paragraf tersebut ada beberapa frasa, seperti desa pesisir dan perahu motor oitu. Frasa adalah kesatuan yang terdiri atas dua kata atau lebih yang masing-masing mempertahankan makna dasar katanya. Sebuah frasa mempunyai unsur inti atau pusat dan unsur penjelas. Contoh frasa lainnya adalah nelayan muda, tepi sawah, dan kota tua. Kata nelayan, tepi dan kota adalah unsur inti sedangkan muda, sawah, dan tua adalah unsur penjelas.

3. Contoh Paragraf Deskripsi lengkap

 Rumah Rani
Rumah Rani terletak di depan rumahku. Di halaman rumahnya ada pohon mangga yang membuat suasana rumahnya terasa sejuk. Di depan rumahnya ada banyak macam bunga.

Dinding rumah Rani berwarna hijau. Pintu dan jendelanya berwarna merah. Lantai keramik rumahnya yang berwarna hijau membuat rumahnya tampak sejuk.

Di dalam Rumah Rani barang-barang tertata rapi. Lantainya bersih dan ruangannya wangi.

Shaheer Sheikh
Shaheer Sheikh merupakan aktor asal India. Ia memiliki tubuh yang tinggi dan badan yang kekar. Hidungnya mancung dan senyumnya manis. Ia memiliki rambut pendek dan biasa bergaya rambut belah tengah. Ia aktor yang sangat tampan dengan warna kulit yang seperti orang Indonesia pada umumnya.

Ia tak hanya pintar bermain peran, tapi ia juga pandai menyanyi dan menari.

Kucingku
Aku punya kucing bernama Kitty. Bulunya berwarna coklat dan putih, dengan putih sebagai warna dominan. Ia memiliki ekor panjang. Ia sangat imut.

Kitty suka makan ikan dengan nasi. Kalau ia lapar, ia mengeong untuk meminta makan.

Monumen Nasional
Monumen Nasional (Monas) merupakan monumen sejarah yang ada di Jakarta. Bangunan ini berwarna putih dan tingginya 132 meter.

Di puncak Monas terdapat lidah api yang dilapisi emas seberat 50 kilogram.

4. Contoh Paragraf Deskripsi Terbaru

Sekolahku
Sekolahku tampak bersih. Halamannya luas dan ditumbuhi rumput-rumput hijau yang membuat suasana tampak sejuk. Selain itu, halamannya ada pohon beringin yang cukup lebat.

Ruang kelas sekolahku bercukup besar. Semua lantai ruangan sekolahku menggunakan keramik. Dinding kelasnya berwarna kuning. Warna cat pintu dan jendelanya berwarna hijau.

Demikian beberapa contoh teks deskripsi singkat yang mungkin bisa jadi inspirasi kalian yang mendapat PR untuk membuat teks deskripsi.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×