6 Contoh Biografi Singkat Lengkap

minna kali ini admin akan memberikan contoh biografi singkat dengan berbagai macam tema pahlawan, diri sendiri, penulis, ayah, dan autobiografi. Adapun contoh biografi yang akan saya berikan ini tentu saja sudah sesuai struktur dan juga sudah sesuai dengan kaidah 5WH1.
6 Contoh Biografi Singkat Lengkap

Buku biografi berisi riwaya hidup seseorang yang di tulis oleh orang lain. Buku biografi memaparkan kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua. Bahkan, sampai meninggal dunia. Selain itu, semua jasa, buah karya, dan segala hal yang dihasilkan oleh tokoh tersebut ditulis dalam buku biografi tersebut. Buku biografi dapat dikategorikan sebagai buku nonfiksi karena tokoh yang diceritakan dalam buku biografi benar-benar nyata.

Contoh Biografi Chairil Anwar

Tokoh satu ini dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu penyai terhebat yang pernah dimiliki Indonesia. Dia merupakan Penyair Angkatan '45. Karya-karyanya sudah banyak diterbitkan. Berikut Biografi dan Profil lengkap Chairil Anwar. Beliau dilahirkan di Medan, 26 Julai 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup berantakan. Kedua ibu bapaknya bercerai, dan ayahnya menikah lagi. Selepas perceraian itu, selepas SMA, Chairil Anwar mengikut ibunya ke Jakarta. Semasa kecil di Medan, Chairil sangat dekat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberi kesan kepada hidup Chairil Anwar. Dalam hidupnya yang amat jarang berduka, salah satu kepedihan terhebat adalah saat neneknya meninggal dunia. Chairil melukiskan kedukaan itu dalam sajak yang luar biasa pedih:

Bukan kematian benar yang menusuk kalbu
Keridhaanmu menerima segala tiba
Tak kutahu setinggi itu atas debu
Dan duka maha tuan bertahta

Setelah neneknya tiada, ibu adalah wanita kedua yang paling Chairil puja. Dia bahkan terbiasa membilang nama ayahnya, Tulus, di depan sang Ibu, sebagai tanda menyebelahi nasib si ibu. Dan di depan ibunya, Chairil acapkali kehilangan sisinya yang liar. Beberapa puisi Chairil juga menunjukkan kecintaannya pada ibunya.

Kehidupan Chairil Anwar
Sejak kecil, semangat Chairil terkenal kedegilannya. Seorang teman dekatnya Sjamsul Ridwan, pernah membuat suatu tulisan tentang kehidupan Chairil Anwar ketika semasa kecil. Menurut dia, salah satu sifat Chairil pada masa kanak-kanaknya ialah pantang dikalahkan, baik pantang kalah dalam suatu persaingan, maupun dalam mendapatkan keinginan hatinya. Keinginan dan hasrat untuk mendapatkan itulah yang menyebabkan jiwanya selalu meluap-luap, menyala-nyala, boleh dikatakan tidak pernah diam.

Rakannya, Jassin pun punya kenangan tentang ini. “Kami pernah bermain bulu tangkis bersama, dan dia kalah. Tapi dia tak mengakui kekalahannya,
Advertisement


dan mengajak bertanding terus. Akhirnya saya kalah. Semua itu kerana kami bertanding di depan para gadis.”

Wanita adalah dunia Chairil sesudah buku. Tercatat nama Ida, Sri Ayati, Gadis Rasyid, Mirat, dan Roosmeini sebagai gadis yang dikejar-kejar Chairil. Dan semua nama gadis itu bahkan masuk ke dalam puisi-puisi Chairil. Namun, kepada gadis Karawang, Hapsah, Chairil telah menikahinya.

Chairil Anwar Meninggal Dunia
Pernikahan itu tak berumur panjang. Disebabkan kesulitan ekonomi, dan gaya hidup Chairil yang tak berubah, Hapsah meminta cerai. Saat anaknya berumur 7 bulan, Chairil pun menjadi duda. Tak lama setelah itu, pukul 15.15 WIB, 28 April 1949, Chairil meninggal dunia. Ada beberapa versi tentang sakitnya. Tapi yang pasti, TBC kronis dan sipilis.

Umur Chairil memang pendek, 27 tahun. Tapi kependekan itu meninggalkan banyak hal bagi perkembangan kesusasteraan Indonesia. Malah dia menjadi contoh terbaik, untuk sikap yang tidak bersungguh-sungguh di dalam menggeluti kesenian. Sikap inilah yang membuat anaknya, Evawani Chairil Anwar, seorang notaris di Bekasi, harus meminta maaf, saat mengenang kematian ayahnya, di tahun 1999, “Saya minta maaf, karena kini saya hidup di suatu dunia yang bertentangan dengan dunia Chairil Anwar.”

Berikut ini adalah salah satu puisi karya chairil anwar yang terkenal berjudul "AKU" karya Chairil Anwar
Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang ‘kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu-sedan itu
Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi


Contoh Biografi Neymar

Brazil tampaknya tidak pernah kehabisan talenta-talenta baru dalam dunia sepakbola. Kita sudah cukup akrab dengan nama Pele, Dunga, Cafu, Roberto Carlos, Romario, Ronaldo, Ronaldinho, Kaka  yang bersinar terlebih dahulu di dunia sepak bola maka kini muncul lagi bintang baru. Tak heran bila Brazil dan talentanya sering dijuluki Selecao atau yang terpilih.



Muda dan berbakat. Itulah salah satu idiom yang menempel di diri pesebakbola Neymar,Jr. Lahir dari pasangan Neymar da Silva,Sr dan Nadine Santos pada 5 Februari 1992 di Mogi das Cruzes, Brazil. Sejak kecil, pemilik nama asli neymar da Silva Santos Junior ini sudah tertarik dengan si kulit bundar berkat ayahnya, Neymar, Sr, yang juga mantan atlit sepakbola. Kecintaan Neymar kecil tumbuh dalam dunia futsal dan sepakbola jalanan. Dan selama itu, ayahnya selalu membimbing Neymar,Jr menekuni talentanya.

Tahun 2003, Neymar pindah bersama keluarganya ke Sao Vicente, dimana dia mulai bermain untuk tim junior Portuguesa Santista, lalu di tahun yang sama, ia pindah ke Santos dan bergabung dengan klub sepak bola Santos FC. Karirnya saat itu sudah mulai terlihat cerah. Beranjak dari keluarga yang serba pas-pasan, Neymar berhasil menjadikan sepakbola sebagai katalis untuk meningkatkan mutu hidup keluarganya. Di usianya yang ke 15, Neymar berhasil meraih 10.000 real per bulan dan tahun berikutnya, gajinya sudah naik lebih dari sepuluh kali lipat menjadi 125.000 real per bulan. Dengan uang hasil jerih payahnya itu, keluarganya dapat membeli rumah di kawasan Vila Belmiro. Di luar gaji, Santos juga mendapatkan beberapa sponsor serta kontrak professional penuh di grupnya pada usia 17.

Neymar sudah dilirik oleh klub Eropa sejak tahun-tahun awal karirnya. Tercatat di tahun 2010, Santos FC, tempat Neymar bernaung, telah menolak tawaran sebesar 12 juta pounds dari West Ham United dan tawaran sebesar 20 juta pounds dari Chelsea di tahun yang sama. Pada saat itu, sudah tersirat bahwa Neymar hendak melanjutkan karirnya ke benua Eropa namun pilihannya untuk saat itu masih berada di Santos FC. Itu diketahui dari wawancaranya dengan sebuah kantor berita Daily Telegraph bahwa adalah mimpinya untuk bermain di Eropa dan sebenarnya, ia cukup tertarik dengan tawaran Chelsea. Bertahun-tahun menunggu hingga tibalah di waktu yang tepat. Ayahnya yang juga merupakan manajer Neymar beserta agennya mengungkapkan bahwa Neymar hendak pindah ke Eropa sebelum Piala Dunia 2014. Tak ayal lagi, saat pertandingan terakhirnya membela Santos, Neymar tak kuasa menahan tangis saat lagu kebangsaan Brazil dimainkan.

Bulan Mei 2013 adalah bulan bersejarah bagi Neymar. Barcelona FC sebuah klub besar Spanyol meminang Neymar dan gayung pun bersambut. Neymar kini satu klub dengan bintang kelas atas Amerika Latin lainnya Lionel Messi. Meskipun  pada awalnya baik Neymar maupun bekas klubnya tutup mulut perihal jumlah transfernya, wakil presiden klub Barcelona membocorkan bahwa nilai transfer Neymar sebesar 87.2 juta euro. Itu membuatnya masuk ke dalam 10 pemain dengan nilai transfer tertinggi. Belakangan ada pihak yang menyebutkan bahwa nilai transfer Neymar ‘hanya’ di kisaran 40 hingga 50 juta euro saja. Posisinya di Barcelona tidak pasti karena ia bisa mengisi berbagai macam posisi baik striker, pemain sayap atau gelandang penyerang. Tidak jarang  ia menjadi tandem sang striker Lionel Messi.

Neymar juga adalah seorang ayah. Tepatnya pada usianya yang ke 19, ia dilaporkan telah memiliki putra bernama, David Lucca. Ibu sang anak bernama Carolina Dantas namun Neymar tidak memiliki hubungan khusus dengannya. Meskipun begitu Neymar adalah pria yang bertanggung jawab. Hak asuh anaknya diambil secara penuh dan sang ibu dibelikan rumah di Sao Paulo, Brazil.Kabar terakhir, Neymar dikabarkan baru putus dari kekasihnya, seorang aktris Brazil, Bruna Marquezine. Neymar juga adalah seorang penganut Kristiani. Menurutnya hidup baru berarti saat tujuan tertinggi adalah untuk mengikut Kristus. Idolanya dalam soal agama adalah rekan satu negaranya, Ricardo Kaka.


Selain di sepakbola, ia juga merambah dunia hiburan, ia punya andil di perkembangan dunia music Brazil dan baru saja menjadi cover sebuah game sepakbola Pro Evolution Soccer. Neymar juga membintangi berbagai macam iklan serta jadi duta berbagai brand. Sebuah pencapaian yang cukup luar biasa untuk seseorang yang baru berusia 22 tahun. Banyak pihak yang meramalkan bahwa sinar Neymar akan semakin terang seiring bertambahnya waktu.


MOH. Hatta
(Populer sebagai Bung Hatta) lahir di Fort de Kock,  Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun, adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta dikenal Sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar Udara Internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.
Nama yang diberikan oleh orangtuanya ketika dilahirkan adalah Muhammad Athar. Anak perempuannya bernama Meutia Hatta menjabat sebagai Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Berdatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta.
Bung Hatta adalah nama salah seorang dari beribu pahlawan yang pernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta telah menjadibegitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat. Besarnya peran beliaudalam perjuangan negeri ini ehingga disebut sebagai salah seorang “The Founding Father’s of Indonesia”. Berbagai tulisan dan kisah perjuangan Muhammad Hatta telah ditulis dan dibukukan, mulai dari masa kecil, remaja, dewasa dan perjuangan beliau untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Namun dalam hal yang rasanya perlu sedikit digali dan dipahami, yaitu melihat Bung Hatta sebagai tokoh organisasi san partai politik . hal ini dikaitkan dengan usaha melihat perkembangan kegiatan dan ketokohan beliau di dunia politik Indonesia saat ini. Maka pantas rasanya kita ikut melihat perjuangan dan perjalanan kegiatan politik Bung Hatta.

Setelah perang dunia I berakhir generasi muda Indonesia yang berprestasi makin banyak yang mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan luar negeri seperti di Belanda dan Kairo (Mesir). Hal ini diperkuat dengan dibelakukanya politik balas budi oleh Belanda. Bung Hatta adalah salah seorang pemuda yang beruntung , beliau mendapat kesempatan belajar di Belanda. Kalau kita memperhatikan semangat berorganisasi Bung Hatta, sebenarnya telah tumbuh sewaktu beliau berada di Indonesia. Beliau pernah menjadi ketua Jong Sumatera (1918-1921) dan semngat ini makin membara dengan asahan dari kultur pendidikan Belanda / Eropa yang bernafas demokrasi dan keterbukaan.


Biografi Bacharuddin Jusuf Habibie


Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Dari hasil pernikahannya dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962, Habibie dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Tak lama setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya.

Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung.

Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat summa cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia.

Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×