bacaan Surat Al Kafirun

Bismillahirohmanirohim, kali ini saya aan membahas tentang bacaan surah Al-kafirun dan artinya
dan ada juga berisi tentang kandungannya dan di lengkapi anjuran bertoleransi menurut ayat-ayat suci al-qur'an
AYAT-AYAT TENTANG ANJURAN BERTOLERANSI

Aperseosi 

Allah Swt. menciptakan manusia sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. sebagai makhluk sosial manusia tidak dapt hidup sendiri dan di perintahkan alloh swt. supaya saling mengenal. ketika seseorang mengenali orang lain, maka akan tampak keleihan dan kekurangan mereka. dengan kelebihan dan kekurangan itu hendaknya kita kembangkan sikap toleransi. toleransi adalah sikap seseorang yang dapat menghargai dan menghormati perasaan orang lain, untuk lebih jelas coba simak uraian berikut !

A Membaca, Mengartikan, Mengamalkan, dan Menerapkan sikap/perilaku Bertoleransi seperti terkandung dalam Surah Al- Kafirun 109:1-6

1. Membaca dengan fasih surah al-Kafirun:


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ ﴿١﴾ لَا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ ﴿٢﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٣﴾ وَلَا أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ ﴿٤﴾ وَلَا أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ ﴿٥﴾ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ ﴿٦﴾



2. Terjemahan surah al-kafirun 109:1-6
Katakanlah (muhammad), "Hai, orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu buka penyembah tuhan yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Bagimu agamamu bagiku agamaku."(Q.S. Al-Kafirun, 109:1-6


3. Kandungan surah Al-Kafirun, 109:1-6
Surah Al-Kafirun termasuk golongan surah makiyah, karena turun di mekah, surah Al-kafirun terdiri dari 6 ayat. Nama Al-kafirun diambil dari salah satu kata yang terdapat dalam ayt pertama yang artinya "orang-orang kafir".

surah ini di turunkan ketika Rasulullah saw. menjalankan tugas sebagai nabi dan rasul Allah swt. menyeru kaum kafir mekah untuk menyembah allah swt. semata. namun, mereka menolak seruan nabi, malahan mereka mengajak beliau agar mau saling menyembah kepada tuhan nya masing-masing". artinya, mereka bersedia menyembah allah swt. sebagai tuhan nya nabi muhammad saw., asalkan beliau juga bersedia menyembah berhala sebagai tuhan mereka. tawaran orang-orang kafir itu akhirnya ditolak oleh nabi berdasarkan wahyu yang telah diterimanya, yaitu surah alkafirun 109:1-6
Kandungan pokok surah Al-kafirun, 109:1-6, sebagai berikut :

a. penegasan bahwa tuhan yang disembah(makbud) nabi muhammad saw. dan umat islam berbeda dengan tuhan yang disembah (makbud) orang-orang kafir.
b. penolakan nabi muhammad saw. dan umat islam terhadap kaum kafir untuk mencampuradukan keimanan dan peribadahan yang diajarkan agama islam yang penuh ketauihidan dengan keimanan dan peribadahan yang diajarkan agama kaum kafir yang penuh kesyirikan.
c. umat islam harus memiliki sikap toleransi terhadap sesama, baik dalam kehidupan sosial ekonomi, politik, budaya, maupun agama.
d. toleransi beragama bukan berarti mencampurkan ajaran agama karena hal itu dilarang dalam ajaran islam.

4. Penerapan sikap/perilaku Bertoleransi seperti terkandung dalam surah Al-kafirun. 109:1-6
Di antara perilaku bertoleransi yang harus dibiasakan seorang muslim/muslimah sesuai surah Al-kafirun, 109:1-6, antara lain sebagai berikut.

a. Tidak mengganggu orang lain yang berbeda agama dan keyakinan dengan kita. sebab dalam agama islam tidak ada paksaan bagi siapa pun untuk memeluk agama islam.
b. menolak bujuk rayu dan orang lain yang bermaksud mengajak kita keluar dari agama islam dengan tegas dan bijaksana.
c. tidak memcampuradukan agama dan keyakinan sera tidak mengikuti peribadahanya.
d. mengganggap orang lain sebagai saudaranya meskipun berbeda agama dan keyakinan, dengan cara berteman, bersikap hormat dan menghargai orang lain yang berbeda keyakinan dan agama sehingga tercipta kebersamaan dalam perbedaan.

AYAT-AYAT TENTANG BERTOLERANSI

Surat Yunus
Surat Al-Kahfi 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×