Contoh Teks Eksplanasi Singkat dan Strukturnya

Struktur teks eksplanasi adalah pelajaran bahasa indonesia kelas IX, X, XII kurikulum 2013. penyusunan strukur teks eksplanasi ini mencakup 3 aspek yaitu pernyataan, deretan penjelas, dan closing atau kesimpulan. jika anda sudah memahami struktur teks eksplanasi tersebut sebaiknya anda membuka contoh teks eksplanasi singkat,

Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Struktur Teks Eksplanasi sesuai Kaidah 5W1H

Struktur Teks Ekplanasi 

Struktur teks eksplanasi terbagi menjadi 3 aspek yaitu deretan penjelas lalu di sambungkan ke deretan penjelas lalui di tutup dengan kesimpulan, perhatikan struktur teks di bawah ini sebagai berikut.

1. General Statement / Pernyataan umum

Bagian pertama teks ekplanasi adalah general statement atau yang disebut juga dengan pernyataan umum. Bagian ini menyampaikan topik atau permasalahan yang akan di bahas pada teks ekplanasi yang berupa gambaran umum mengenai apa dan mengapa suatu fenomena tersebut bisa terjadi. General statement ini harus ditulis semenarik mungkin agar para pembaca bisa tertarik untuk membaca isi teks secara keseluruhan.

2. Sequence of Explanation / Deretan Penjelas

Bagian ini mengandung penjelasan – penjelasan mengenai sebuah topik yang akan dibahas secara lebih mendalam. Bagian ini ditulis untuk menjawab pertanyaan how, bagaimana dan urutan sebab – akibat dari sebuah fenomena yang terjadi. Bagian ini biasanya ditulis dalam 2 atau 3 paragraf.

3. Closing

Bagian terakhir dari teks ekplanasi adalah closing yang mengandung intisari atau kesimpulan dari fenomena yang telah dibahas. Di dalam bagian ini juga bisa ditambahkan saran atau juga tanggapan penulis mengenai fenomena tersebut.

sekian pembahasan dari saya tentang Struktur teks eksplanasi semoga bermanfaat bagi kalian khusus nya dalam mengerjakan soal atau pun tugas yang ada disekolah anda terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×