Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir


Sebelum saya menjelaskan tentang Hikmah Beriman kepada Hari Akhir saya akan menjelaskan dulu pengertian Hikmah agar kita tidak salah mengartikan Hikmah adalah menggambil sisi baik nya ketika ketika mendapat kejadian yang tidak di inginkan.
Beberapa hikmah beriman dapat dipetik dari keimanan terhadap hari akhir, sebagai berikut.

a. Menyadari Pentingnya Kehidupan
Orang yang beriman kepada hari akhir akan menyadari pentingnya hidup setelah mati, yakni hidup di dalam akhirat, sehingga hidupnya didunia di anfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mengerjakan amal saleh. Perhatikan firman allah swt. berikut!

قُلْ مَتَاعُ الدُّنْيَا قَلِيلٌ وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ لِمَنِ اتَّقَىٰ وَلَا تُظْلَمُونَ فَتِيلًا
Artinya:
” Katakanlah: “Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa, dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun.(Q.S. An-nisa;4:7)


b. Bersikap Hati-Hati dan Waspada

Bagi orang yang beriman kepada hari akhir, dalam hatinya terdapat keyakinan bahwa semua ucapan, sikap prilaku, dan tindakan akan diperhitungkan dan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat. Oleh sebab itu, sikap perilaku ucapan, dan perbuatannya selalu dijaga dan dipelihara dari hal-hal yang keji dan mungkar, perhatikan firman allah swt. berkut!

Artinya;
"Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat(balasan)nya, dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat(balasan)nya. "(Q.S. Az-zalzalah,99:7-8)

C. Selalu Berada dalam Kebenaran
Orang yang beriman kepada hari akhir, tentunya ia akan selalu berusaha agar hidupnya berada dalam kebenaran dan lindungan allah swt. dan selalu menjauhkan diri dari kemaksiatan dan kesesatan. Bagi mereka yang tidak beriman kepada allah swt. dan selalu menjauhkan diri dari kemaksiatan dan kesesatan. Bagi mereka yang tidak beriman kepada hari akhir, Kelak di akherat akan mendapat siksaan yang amat pedih.
sebagai mana dijelaskan dalam firman allah swt. berikut!


Artinya:
Apakah dia mengada-adakan kebohongan terhadap Allah ataukah ada padanya penyakit gila?" (Tidak), tetapi orang-orang yang tidak beriman kepada negeri akhirat berada dalam siksaan dan kesesatan yang jauh.

d. Mendapat Dua Keuntungan Dunia dan Akhirat
Orang yang beriman kepada Hari akhir, selain dapat mengamalkan salah satu rukan iman yang keenam, ia juga mendapatkan keuntungan ganda. Keuntungan di dunia berupa kebaikan dan kesalehan dalam bersikap, berucap, dan bertindak, juga keuntungan di akhirat berupa pahala dan kebahagian yang abadi. Sebagai mana dijelaskan firman allah swt.berikut.


Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.(Q.S. Asy-Syura, 42:20)

e. Memperkuat Keyakinan bahwa Allah Swt. Mahakuasa dan Maha adil
Perhatikan firman allah swt. berikut.

Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.(Q.S. Al-Mu'min)

f. Mendorong Manusia untuk membiasakan diri dengan sikap dan perilaku terpuji dan menjauhkan diri dari sikap perilaku tercela.
g. Mendorong manusia untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah swt.
h. Selalu Bersikap Optimis, tawakal, dan sabar, meskipun tertimpa berbagai kemalangan.
perhatikan firman Allah Swt. berikut.


2. Menerapkan Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir
Untuk dapat Menerapkan hikmah beriman Kepada Hari Akhir dalam kehidupan sehari-hari hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut.
a. isilah kehidupan dengan berbagai amal perbuatan yang baik.
b. selalu bersikap optmis dan penuh semangat juang.
c. selalu menjaga diri dari perbuatan maksiat dan dosa.
e. selalu memelihara sikap ikhlas beramal dari segala macam perbuatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×