Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contoh

minna kali ini saya akan membahas tentang deskripsi (paragraf deskripsi) dimana deskripsi sering muncul saat pelajaran bahasa indonesia oleh sebab itu saya akan membahas mengenai pengertian deskripsi, tujuan, ciri-ciri, serta conth deskripsi.

Pengertiam 
deskripsi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan objek, tempat, atau peristiwa tertentu yang tengah menjadi topik kepada para pembacanya dengan jelas dan terperinci sehingga pembaca seolah-olah melihat dan merasakan sendiri apa yang sedang diungkapkan oleh penulis.
Tujuan
 
Teks deskriptif memiliki tujuan tersendiri, tujuan dari teks deskriptif adalah supaya orang
yang membaca nya dapat seolah olah melihat sendiri benda yang diceritkan tersebut. Dalam paragraph
deskriptif itu sendiri memakai pola yang subjektif namun hal ini jika si penulis paragraph tersebut
menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut. Paragraph deskriptif
memiliki ciri ciri. 


ciri-ciri paragraf  Deskripsi  

Suatu paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskipsi jika memiliki ciri-ciri khusus di bawah ini:
1. Paragraf deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
2. Penggambaran di dalam pargraf  tersebut dilakukan dengan sangat jelas dan terperinci dan turut melibatkan kesan indera.
3. Saat pembaca membaca paragafaf deskripsi, pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibicarakan di dalam paragraf tersebut.
4. Paragraf ini menjelaskan ciri-ciri fisik objek seperti warna, ukuran, bentuk dan ciri-ciri psikis atau keadaan suatu objek dengan terperinci.
 Contoh paragraf Deksripsi
Sepertinya ada yang kurang jika hanya satu contoh saja, mari kita analisa contoh paragraf deskripsi.
Contoh Paragraf Deskripsi

Ayah memiliki batu akik yang sangat-sangat ia sukai. Warna batunya merah menyala seperti api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata. Batu akik ini sungguh ajaib karena seakan menyala saat lampu mati. Bentuknya bulat dan sangat mewah tidak salah jika Ayah sangat suka dengan batu akiknya ini.

Contoh paragraf deskripsi di atas menggambarkan sebuah batu akik yang sangat disenangi oleh Ayah. Mulai dari warna, bentuk, dan sifatnya digambarkan secara kolektif sehingga menimbulkan kesan pengindraan seakan-akan kita melihat langsung batu akik tersebut. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×