Surah Yunus 40-41 ( bacaan dan terjemahan )

Bismillahhirohmannirohim, kali ini saya akan membahas tentang surah yunus 40-41, ayat tersebut membahas tentang kita harus bertoleransi terhadap orang lain oleh sebab itu mari kita simak surah yunus 40-41dibawah ini
Apersepsi 
Allah Swt. menciptakan manusia sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. sebagai makhluk sosial manusia tidak dapt hidup sendiri dan di perintahkan alloh swt. supaya saling mengenal. ketika seseorang mengenali orang lain, maka akan tampak keleihan dan kekurangan mereka. dengan kelebihan dan kekurangan itu hendaknya kita kembangkan sikap toleransi. toleransi adalah sikap seseorang yang dapat menghargai dan menghormati perasaan orang lain, untuk lebih jelas coba simak uraian berikut !

A. Membaca, Mengartikan, dan Menerapkan Sikap/perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam surah yunus, 10: 40-41

1. Membaca dengan fasih Surah Yunus, 10: 40-41

ﻭَﺇِﻥْ ﻛَﺬَّﺑُﻮﻙَ ﻓَﻘُﻞْ ﻟِﻲ ﻋَﻤَﻠِﻲ ﻭَﻟَﻜُﻢْ ﻋَﻤَﻠُﻜُﻢْ ﺃَﻧْﺘُﻢْ
ﺑَﺮِﻳﺌُﻮﻥَ ﻣِﻤَّﺎ ﺃَﻋْﻤَﻞُ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﺑَﺮِﻱﺀٌ ﻣِﻤَّﺎ ﺗَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ

2. Terjemahan surah Yunus 10: 40-41
"Dan diantara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya(alquran), dan diantarana ada(pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya(alquran). Dan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan." dan jika mereka mendustakanmu, maka katakanlah," bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan."(Q.S Yunus, 10:40-41)

3. Kandungan Surah Yunus, 10: 40-41
Surah Yunus termasuk golongan surah makiyah, kecuali ayat 40,49, dan 95 yang turun dimadinah. surah yunus terdiri dari 109 ayat. surah ini dinamai yunus karena didalamnya terdapat kisah nabi yunus a.s dan para pengikutnya yang sangat teguh keimanannya kepada Allah swt.

  Kandungan Pokok Surah yunus, 10: 41-41 adalah sebagai berikut.
a. ketika nabi Muhammad saw. diutus sebagai rasul allah swt. yang berakhir dengan membawa al-quran. maka umat manusia terbagi menjadi dua golongan;ada yang beriman dan ada pula yang tidak beriman,
b. islam adalah agama yang sangat toleransi.
c. tidak ada paksaan untuk memeluk agama islam, termask agama islam.
d. kita diperintahkan mengajak seseorang beriman kepda allah swt. namun, apabila ia menolak atau bahkan menantang, katakanlah kamu melakukan apa yang kamu yakni dan aku pun melakukan apa yang terjadi keyakinanku.

4. Penerapan Sikap/Perilaku Bertoleransi seperti Terkandung dalam Surah Yunus 10: 40-41
diantara perilaku bertoleransi yang harus dibiasakan seorang muslim/muslima surah yunus,10: 40-41, di antara lain sebagai berikut.
a. selalu menghargai akidah dan keyakinan yang dianut orang lain, sebab setiap orang berhak memiliki keyakinannya masing-masing.
b. selalu bersikap waspada terhadap orang lain dan menjaga kerukunan meskipun berbeda keyakinan dan agama.
c. selalu menerima kehadiran orang lain dan menghormati pendapatnya meskipun berbeda keyakinan dan agama dengan kita.
d. menghormati keyakinan dan agama yang di anut orang lain serta menghindari sikap egois, sombong, dan angkuh yang dapat membuat orang lain tersinggung, sehingga persatuan dan kesatuan sulit diwujudkan.

AYAT-AYAT TENTANG BERTOLERANSI 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×