Teks Cerita Ulang (pengertian, Ciri dan Contoh teks)

Pengertian Teks Cerita Ulang

Teks cerita ulang adalah teks yang menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis (berurutan). Tujuannya untuk memberikan informasi atau menghibur atau bisa kedua-duanya bagi pembacanya.
Teks Cerita ulang (pengertian)

Jenis-jenis Teks Cerita Ulang

Berdasarkan jenisnya, cerita ulang dikelompokkan menjadi 3 kelompok, yaitu:

Teks yang menceritakan pengalaman penulis dimana penulisnya terlibat langsung dalam peristiwa atau suatu kejadian atau cerita ulang pribadi. Contohnya: menulis catatan harian.
Teks yang menceritakan sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi atau teks ulang faktual. Contohnya: laporan polisi, teks ulang catatan biografi tokoh dsb.
Teks yang dibuat penulis dengan cerita yang imaginatif, lalu penulis menuliskan peristiwa yang telah terjadi. Contohnya teks ulang kisah legenda atau dongeng.
C. Struktur Teks Cerita Ulang

Sedangkan struktur cerita ulang terdiri dari 3 bagian, yaitu:

Orientasi berupa informasi mengenai apa, siapa, di mana, kapan dan mengapa.
Isi teks yaitu berupa rentetan peristiwa atau kejadian.
Reorientasi adalah bagian akhir teks yaitu berupa kesimpulan atas kejadian-kejadian yang terdapat dalam cerita.

Konversi Teks Cerita Ulang

Teks cerita ulang dapat diubah menjadi teks lain sesuai dengan kebutuhan. Proses untuk mengubah teks cerita ulang menjadi bentuk teks lain dinamakan dengan istilah mengonversi. Dalam mengonversi cerita ulang menjadi teks lain, yang berubah hanya model teks, sedangkan bagian isi tetaplah sama.

Proses yang harus dilakukan dalam mengonversi teks cerita ulang adalah sebagai berikut:
Membaca teks ulang secara keseluruhan
Mencermati pilihan kata (diksi) yang tepat dalam teks cerita ulang
Merangkum isi teks cerita ulang secara menyeluruh
Menentukan jenis teks apa yang digunakan sebagai konversi
Menulis ulang teks cerita ulang dalam bentuk lain
Merevisi bentuk teks baru jika memungkinkan ada kesalahan

Contoh Teks Cerita Ulang

Setelah memahami penjelasan dari Teks Cerita Ulang berikut Adalah Contoh dari Teks cerita Ulang:

Struktu Kalimat
Orientasi Walter Elias Disney atau akrab dipanggil Disney atau Walt Disney adalah pendiri kerajaan film anak serta pendiri pusat hiburan keluarga yang sangat tenar di dunia ini. Walt Disney lahir di Chicago, Illionis Amerika Serikat, pada tanggal 5 Desember 1901 dari pasangan Elias Disney dan Flora Call. Walt Disney dikenal sebagai penguasa kerajaan dongeng. Dialah yang pertama sekali yang memproduksi film animasi panjangdan tercatat dengan tinta emas dalam dunia hiburan.
Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh
(Insiden) Pada tahun 1906, ketika Walt masih berusia empat tahun, Elias dan keluarganya pindah ke peternakan di Marceline, Missouri. Setelah tinggal selama 4 tahun di Marceline, mereka pindah ke Kansas City tahun 1911. Di sana, Walt dan adiknya Ruth masuk ke Benton Grammar School. Ia juga mengikuti kursus hari Sabtu di Kansas City Art Institute.

Pada tahun 1917 mereka pindah ke Chicago. Disney mula belajar di McKinley High School dan mula menghadiri kursus malam di Chicago Art Institute. Disney dikeluarkan dari sekolah pada usia 16 tahun, lalu mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata AS, namun ditolak karena belum cukup umur. Walt bersama salah seorang temannya bergabung dengan Palang Merah, Walt dikirim ke Perancis selama setahun sebagai sopir ambulans.

Pada tahun 1919, Walt Disney pindah kembali ke Kansas City untuk memulai karier seninya. Saudaranya, Roy, yang bekerja di sebuah bank di Kansas City, membuat Walt mendapat pekerjaan sementara di Pesmen-Rubin Art Studio. Di sinilah ia berkenalan Ubbe ‘Ub’ Iwerks. Setelah berakhirnya kerja sementara di Pesmen-Rubin, mereka berdua tidak memiliki pekerjaan, lalu memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri.

Pada Januari 1920, ia bersama rekannya Ubbe Iwerks mendirikan perusahaan bernama "Iwerk-Disney Commercial Artist", namun perusahaan ini tak bertahan lama dan bangkrut. Ia kemudian beralih menjadi pekerja di bidang cutout animation di Ad Company.

Walt hendak membuka bisnis animasi sendiri, ia merekrut seorang rekan kerja dari Kansas City Film Ad Company, Fred Harman. Melalui kartun yang berjudul "Laugh-O-Grams" kartun Disney menjadi populer di Kansas City sehingga Disney mampu membeli studio sendiri. Sayangnya, karena gaji karyawan yang tinggi dan tidak mampu mengurus keuangan dengan baik akhirnya perusahaan tersebut bangkrut.

Disney dan saudaranya mengumpulkan uang untuk mendirikan studio kartun di Hollywood. Bersama Margaret Winkler berhasil mengedarkan kartun barunya Alice Comedies. Atas permintaan Disney Virginia Davis dan Iwerks pindah Ke Kansas City, awal Disney Brothers' Studio yang terletak di Hyperion Avenue di distrik Silver Lake.

Pada tahun 1925 ia menikah dengan Lillian Bounds yang merupakan salah satu pekerjanya. Mereka dikaruniai seorang putri bernama bernama Diane Marie Disney dan juga mengadopsi Sharon Mae Disney.

Pada Pebruari 1928 Disney memperundingkan kenaikan bayaran, yang menyebabkan banyak pekerjanya yang meninggalkannya kecuali Iwerks. Setelah ditinggalkan oleh karyawannya dan kehilangan trademark Oswald, Disney sekali lagi bekerja sendiri.

Kartun yang pertama dibuatnya bersama Iwerks adalah Miki Mouse merupakan kartun bisu. Disney terus mengembangkan usahanya hingga animasi yang paling populer Disney yang berjudul Snow White and the Seven Dwarfs pada 21 Desember 1937 yang ditayangkan di Carthay Circle Theater yang meraih sukses. Keberhasilan film Snow White memangkinkan Disney untuk membangun kampus baru bagi Walt Disney Studios di Burbank, yang dibuka pada 24 Desember 1939.

Setelah dirilisnya Dumbo pada Oktober 1941, Amerika Serikat mulai terlibat dalam Perang Dunia II. Tentara AS mengkontrak banyak fasilitas studio Disney, namun film militer tidak memberikan pendapatan. Film fitur Bambi dirilis pada April 1942, dan Disney berhasil merilis kembali Snow White pada 1944. Pada tahun 1945, The Three Caballeros adalah film fitur animasi terakhir Disney yang dibuat pada masa perang.

Setelah perang Studio Disney turut menghasilkan film kartun pendek, seperti Make Mine Music (1946), Melody Time (1948), Fun and Fancy Free (1947) dan The Adventures of Ichabod and Mr. Toad (1949).

Cinderella yang digarap setelah Perang Dunia II kemudian menjadi salah satu animasi populer Disney selanjutnya namun tidak mengalahkan kepopuleran Snow White.  Bisnisnya kemudian beralih ke pembuatan taman bermain anak yang berjudul Disneyland. Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955. Dalam rentan satu dekade setelah perang dunia Walt Disney Production meraih berbagai penghargaan dengan berbagai anmasi-animasi garapan mereka.

Disney yang ternyata mengidap tumor di paru-paru kirinya meregang nyawa pada 15 Desember 1966. Tepat sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises.
Reorientasi Walt Disney terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan. Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company.


Ciri-ciri kebahasaan cerita ulang

Menceritakan peristiwa masa lalu (yang telah terjadi).
Untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian pada teks cerita ulang menggunakan konjungsi, seperti kata: dan, setelah, tetapi, itu dan kemudian.
Untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara pada teks cerita ulang menggunakan keterangan dan frasa adverbial, misalnya kemarin, di kantor, pelan-pelan, dan sebagainya.
Untuk menyatakan tindakan menggunakan kata kerja, misalnya: makan, lari, membeli, tidur, dan sebagainya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×