Teks Prosedur Komplek: Pengertian, Strukutur, dan Macam-Macamnya.

Teks prosedur komplek adalah pelajaran yang ada pada kelas XI kurikulum 2013. kali ini admin akan membahas tentang materi-materi prosedur komplek yang di dalam nya terdapat Pengertian, teks prosedur kompkek, Struktur dan kaidah Teks prosedur komplek. Oke langsung saja kita bahas teks prosedur komplek.

Pengertian Teks Prosedur Komplek
Dalam Kamus Besar Indonesia (KBBI) prosedur berarti tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan suatu aktivitas. Jadi, sebuah teks prosedur memberitahu kita bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian langkah atau tindakan.

Macam-Macam Teks Prosedur Komplek

  1. Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan sesuatu (contoh intruksi atau penggunaan). Contoh: cara menggunakan handphone dan komputer
  2. Teks yang menunjukan cara melakukan aktivitas tertentu. Contoh cara memasak (resep), eksperimen ilmiah, atau tahap melakukan wawancara.
  3. Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. Contoh: cara hidup bahagia, kiat sukses, atau kiat menjadi penulis hebat.
Teks Prosedur Komplek: Pengertian, Strukutur, dan Macam-Macamnya.

Tujuan
Tujuan teks prosedur adalah memberi tahu pembaca tentang cara melakukan atau membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tesebut biasanya di bagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Pada dasarnya, teks prosedur adalah segala aktifitas yang biasa ditemui dan dilakukan keseharian. Contohnya mengikuti resep saat masak, saat mengoperasikan alat elektronik dengan mengikuti buku petunjuknya, atau saat melakukan wawancara harus mengikuti langkah-langahnya secara berurutan sehingga dapat berhasil.

Struktur Teks Prosedur Komplek
struktur Teks Prosedur Komplek terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
  1. Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan di capai (dapat berupa judul).
  2. bagian material, berisi infrmasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak teks prosedur memerlukan tahap ini.
  3. Bagian tahapan, berisi langkah-langkah untuk mencapai tujuan.
Nah itu dia tadi bahasan mengenai Teks Prosedur Komplek semoga bermanfaat dan tidak lupa anda bisa membaca teks lain nya. 
Baca juga: Teks Berita

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×