Teks Ulasan Drama : Pengertian, Struktur dan Kaidah kebahasaan

TEKS ULASAN FILM adalah materi bahasa indonesia yang akan kita pelajari kali ini. Teks ulasan film ini pernah saya  pelajari di kelas XI SMA dengan kurikulum 2013. Adapun kita akan  membahas lengkap mengenai teks ulasan atau teks film. Yaitu yang akan kita bahas mengenai teks ulasan film antara lain pengertian, struktur teks, dan contoh teks ulasan film yang diharapkan bisa berguna untuk tugas bahasa indonesia kalian

Film dan drama apa yang pernah anda tonton? Film dan drama merupakan proyeksi cerita kehidupan yang di pentaskan. Film dan drama dipentaskan selain dimaksudkan untuk menghibur juga untuk mendidik.
ketika menyaksikan film dan drama, kita tentu akan menemukan kelebihan dan kekurangan didalamnya. Kelebihan tersebut tentu harus kita apresiasi. Begitupun dengan kekurangannya. yang harus kita kritisi.
Sikap mengapresiasi dan mengkritisi film dan drama dapat kita tuangkan dalam teks ulasan, yaitu teks yang berisi ulasan atau penilaian terhadap suatu karya (dramaatau film). Mengulas suatu film dan drama mengharuskan kita untuk bersikap kritis. Sikap kritis ini sangat penting agar ulasan yang kita tulis tersebut bekontribusi bagi kemajuan film dan drama itu sendiri.

Pada pembelajaran tentang teks ulasan film dan drama ini, anda akan di ajak untuk kritis terhadap perkembangan film dam drama yang dituangkan dalam teks ulasan. Baca dan pelajari teks-teks ulasan yang disajikan seksama. selain itu bacalah buku-buku yang mendukung materi pembelajaran ini, atau anda bisa mengetahui dengan membaca artikel www.blogpelajar.com


Struktur Teks Ulasan Film atau Drama
1. Orientasi
Berisi gambaran umum film atau drama yang akan diulas, misalnya judul, kegunaan, dan sebagainya.

2. Tafsiran Isi
Memuat pandangan penulis mengenai film atau drama yang diulas. Pada bagian ini, pengulas membandingkan karya tersebut dengan karya orang lain yang dianggap mirip. Pengulas juga menilai kekurangan dan kelebihan film atau drama dari sisi setting waktu, tempat, tokoh, penokohan, dan serta cara pengambilan sudut pandang film atau drama.

3. Evaluasi
Berisi penilain terhadap film atau drama, penampilan, dan produksi. Bagian ini juga berisi tentang gambaran terperinci film atau drama yang diulas.

4. Rangkuman
Pada bagian rangkuman, penulis memberikan ulasan akhir berupa simpulan film atau drama tersebut. Dalam hal ini, penulis menyampaikan opini berdasarkan ulasan tersebut.

Kaidah Kebahasaan Teks Film atau Drama
Teks ulasan yang baik harus disusun sesuai dengan struktur teks dan menggunakan kaidah kebahasaan, termasuk kaidah ejaan. Berikut ini adalah contoh kaidah kebahasaan dalam ulasan teks film atau drama:

(1)  Istilah
Istilah adalah kata atau gabungan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah khusus adalah istilah yang digunakan untuk bidang tertentu dan pemakainnya hanya dipahami oleh orang berkecimpung dalam bidang tersebut.
Contoh :
Istilah umum : film, ikan, bunga.
Istilah khusus : komedi, gurame, mawar.

(2) Sinonim dan Antonim
(a) Sinonim adalah kata yang memiliki bentuk yang berbeda, tetapi memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Contoh: "Obrolan orang itu mirip dengan dialog dalam film Romeo dan Juliet."

(b) Antonim adalah kata yang artinya berlawanan satu dengan yang lain. Contoh: "besar atau kecil bukanlah jaminan barang itu berharga atau tidak."

(3) Verba / Kata Kerja
(a) Verba Aktif adalah verba yang subjeknya berperan sebagai pelaku atau menunjukkan tindakan atau perbuatan. Contoh: "Putra memelihara ikan gurame."

(4) Verba mental adalah verba yang merengkan persepsi, afeksi, dan konisi. Verba yang menerapkan persepsi antara lain adalah melihat dan merasa. Verba yang menerangkan afeksi antara lain adalah suka, khawatir, dan kecewa. Sedangkan verba yang menerangkan kognisi antara lain adalah berpikir dan mengerti. Pada Verba mental terdapat partisipan pengindra dan fenomena.

(5)Adjektivia dalam teks ulasan berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap karya (film dan drama) yang diulas.

itu lah Pengertian teks film dan drama beserta struktur dan kaidahnya semoga artikel ini bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×