9 Contoh Teks Paragraf Deskripsi Singkat dan Jelas (tentang Sekolah, Benda, Hewan, Alam)

Kali ini admin akan membrikan materi 9 contoh teks paragraf deskripsi tingkat SMA kurikulum 2013. Adapun pengertian dan contoh singkat dan jelas tenatang sekolah, benda, hewan, dan Alam.

Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang menggambarkan atau melukiskan sebuah objek tertentu melalui kata-kata yang bisa merangsang panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat atau merasakan sendiri benda objek yang dideskripsikan oleh penulis.
9 Contoh Teks Paragraf Deskripsi Singkat dan Jelas (tentang Sekolah, Benda, Hewan, Alam)

Pengertian Teks Paragraf Deskripsi

Teks deskripsi merupakan sebuah teks paragraf yang berisikan penjelasan atau gambaran dari suatu objek, tempat, dan sebagainya sesuai dengan topik yang disajikan kepada pembaca agar pembaca dapat mengetahui topik yang dijelaskan atau digambarkan pada teks tersebut secara terperinci serta jelas. dari pernyataan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian teks deskripsi adalah teks yang berbentuk paragraf yang mendeskripsikan atau menjelaskan tentang suatu objek, tempat, orang dan lain sebagainya.

Contoh Teks Paragraf Deskripsi

ada 9 contoh mengenai teks paragraf deskripsi apa saja itu mari kita simat satu-persatu sebagai brikut.

contoh 1

contoh pertama merupakan contoh teks paragraf deskripsi tentang sekolah
Sekolahku

Sekolahku yaitu SMAN 3 Bandar Negeri adalah salah satu sekolah yang terbaik di kotaku. Tak heran sekolahku selalu diminati oleh calon-calon siswa baru yang ingin belajar di sini. Hal tersebut sangatlah wajar karena sekolahku selalu mendapakan peringkat pertama di setiap ajang lomba yang diikuti baik tingkat kota maupun provinsi.

Tak hanya statusnya yang merupakan sekolah terbaik, kelengkapan fasilitas dan luasnya sekolahku juga menjadi salah satu faktor yang mendorong para calon siswa untuk belajar di sekolahku. Luas bangunan sekolahku kira-kira sekitar 2 hektar yang terbagi menjadi 4 lokal bangunan. Ketika pertama kali memasuki sekolahku, kita akan menjumpai lokal bangunan pertama, yaitu ruang guru, kantor administrasi, dan ruang kegiatan siswa. Ruangan-ruangan tersebut berdiri sejajar memanjang satu sama lain. Setelah melewati komplek banguan pertama kita akan menemukan komplek bangunan kelas yaitu, ruang kelas satu yang ada pada bagian utara, ruang kelas dua pada bagian selatan dan kelas tiga pada bagian barat. Pada komplek kelas satu, ada 7 kelas yang terdiri dari kelas 7.1 sampai 7.5, pada komplek kelas 8 ada 7 kelas yang terdiri dari kelas 8 Ipa 1 hingga 3 dan 8 Ips satu hingga 4, dan pada komple kelas 9 juga terdapat 7 kelas, terdiri dari 9 Ipa 1 hingga 3 dan 9 Ips 1 hingga 4.

Tepat di tengah-tengah komplek kelas terdapat sebuah lapangan yang sangat luas dan biasa dipakai sebagai lapangan upacara, selain dipakai sebagai lapangan upacara lapangan tersebut juga sering dipakai sebagai tempat kegiatan olah raga seperti sepak bola, basket, badminton, dan lain-lain. Fasilitas sekolahku pun bisa dibilang yang paling lengkap. Ada banyak fasilitas seperti lab ipa, lab bahasa, perpustakaan, green house, ruang multimedia, aula, parking lot dan ruang fitness.  

Meskipun besar dan luas sekolahku sangatlah sejuk dan hijau. Di sana banyak di tanami pohon-pohon rindang yang berbaris di setap pojok-pojok tempat. Bahkan di depan setiap ruangan kelas terdapat taman bunga cukup besar yang menambah kecantikan sekolahku. Itulah sekolahku, sekolah yang terbaik sehingga aku bangga bisa bersekolah di sini.

Contoh 2

contoh kedua merupakan contoh teks paragraf deskripsi tentang benda mati.

Baju
Apakah kamu suka memakai kaos oblong? Kalau saya sih iya. Salah satu kaos oblong kesayangan saya adalah yang dulu saya beli ketika saya masih di tingkat SMA enam tahun yang lalu. Pada saat itu, saya menang dalam sebuah pertandingan Scrabble, dan hadiahnya adalah uang. Saya membeli kaos oblong itu dengan uang hadiah ini. Saya menyukai kaos oblong itu karena itu sangat enak dipakai.
Warna kaos oblong kesayangan saya adalah kuning. Kaos itu terbuat dari bahan katun. Saat ini, warnanya sudah tidak seterang dulu lagi, tapi gambar yang tercetak di sisi depan masih sebagus dulu. Itu adalah gambar sebuah mikropon yang dikenal dengan sebutan "Elvis Microphone". Warna gambar itu abu abu. Kondisi kaos oblong ini sudah tidak sesempurna dulu, karena saat ini ada beberapa lubang di kaos oblong itu. Salah satu lubang terbesar terletak di bagian punggung nya. Kakak saya mengatakan bahwa saya terlihat seperti seorang anak laki laki tunawisma setiap kali saya memakai kaos oblong ini.

contoh 3

Contoh ketiga adalah contoh teks paragraf deskripsi tentang hewan kucing.

Kucing

Siapa tidak kenal kucing? Kucing adalah jenis hewan hewan Mamalia Karnivora dari keluarfa Felidae. Hampir di setiap Negara mengenal dan ada kucing. Hampir di seluruh dunia ada jenis kucing dari Sabang sampai Merauke, dari Indonesia sampai Rusia. Di Indonesia dikenal kucing jenis Anggora, kucing liar dan sebagainya.

         Kucing sudah dikenal sejak 6000 tahu yang lalu. Bahkan menurut data arkeolog, dulunya bangsa Mesir sudah mengenal kucing untuk menjauhkan dari tikus yang menggangu. Kucing menjadi hewan peliharaan paling popular di dunia.

        Kucing memiliki cirri fisik mirip dengan harimau, namun bentuknya kecil. Dan sama-sama pemakan daging. Kucing di dunia ini memiliki berbagai jenis, seperti Persia, sphinx, dan semisalnya.

        Kelompok Felidae adalah mamalia yang berkembang dengan sangat cepat. Data menyebutkan perkembangan atau keberadaan kucing sudah ada sejak 10 sampai 15 juta tahun yang lalu.

        Sama halnya dengan kelinci, harimau, singa dan cougar, kucing memiliki telinga yang mampu menangkap getaran dan suara dari jarak 10 meter lebih.  Kucing pertama kali di klasifikasikan sebagai Felis Catus oleh Carousl Linnaeus.

        Kucing liar akan hidup secara liar. Dan akan berkembang biak dengan sangat cepat, sehingga populasinya akan berubah menjadi banyak dalam sekejap. Sampai saat ini jenis kucing yang diperjual belikan hanya kucing ras. Dan bahkan dikembang biakkan secara khusus.

Contoh 4 

contoh keempat merupakan contoh teks paragraf deskripsi tentang alam sekitar.

Pantai Lampung nan Eksotis

Lampung merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang letaknya dibagian paling timur Pulau Sumatera tepatnya berbatasan langsung dengan Selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Lampung memiliki potensi wisata pantai yang sangat bagus. Sangat banyak sekali pantai yang ada di Propinsi Lampung dan semuanya merupakan pantai wisata eksotis nan indah sehingga wajar saja bila para wisatawan banyak yang mengunjungi Lampung hanya untuk melihat keindahan pantainya. Saat ini juga promosi yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat untuk menarik wisatawan asing maupun lokal sudah mulai membuahkan hasil karena setiap tahunnya jumlah wisatawan yang hadir semakin meningkat.

Lampung memiliki berbagai jenis pantai dari yang sekedar untuk berlibur santai bersama keluarga hingga pantai yang memiliki ombak besar untuk olahraga ekstrim seperti surfing, diving dan snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Pantai yang hanya untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga sangat banyak sekali seperti Pantai Kalianda Resort, Pantai Pasir Puting, Pantai Pasir Timbul, Pantai Mutun dan masih banyak lagi. Disana pengunjung dapat merasakan suasana pantai yang tenang dengan ditemani deburan ombak dan sepoi-sepoi angin pantai. Anak-anak pun dapat bermain air di pinggir pantai karena pantai tak terlalu berbahaya karena ombaknya tak terlalu besar. Pengunjung juga dapat menginap di pantai dengan cara menyewa tempat penginapan berupa Cottage yang harganya cukup terjangkau dari Rp.300.000 hingga Rp.700.000 per malamnya. 

 
Di Lampung juga terdapat wisata pantai untuk olahraga ekstrim seperti surfing yang tepatnya berada di daerah Krui, Lampung Barat. Disana terdapat banyak pantai yang menawarkan ombak yang menantang diantaranya yang paling terkenal adalah Pantai Tanjung Setia dan Pantai Labuhan Jukung. Kedua pantai tersebut merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing dari berbagai belahan dunia. Bahkan banyak wisatawan asing yang menyatakan bahwa Pantai Krui memiliki ombak yang lebih baik dari Pantai Kuta, Bali. Pantai krui juga belum terlalu kotor kerena memang belum banyak orang yang berkunjung kesana. Selain itu disana pengunjung dapat menyaksikan sunset dan sunrise dengan sangat jelas. 

Ada wisata pantai yang sangat unik dan sangat jarang dimiliki oleh pantai manapun yaitu Pantai Teluk Kiluan, Lampung Selatan. Keunikannya karena pengunjung dapat melihat lumba-lumba disana. Namun akses untuk melihat lumba-lumba harus menggunakan perahu yang dapat disewa dengan membayar biaya sewa yang tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pengalaman yang didapat. Di Pantai Teluk Kiluan pengunjung dapat bersantai dan menikmati hamparan pasir pantai yang putih serta menikmati warna laut yang biru jernih. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×