18 Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Strukturnya 2018 (Film, Novel, Perahu Kertas, dan Cerpen)

Contoh teks ulasan singkat beserta struktunya  adalah contoh teks yang akan di bahas mengenai pelajaran bahasa indonesia kelas x, kurikulum nasional. Adapun Contoh teks ulasan yang akan dibahas tentang cerpen persahabatan, laskar pelangi, novel singkat, puisi, dan perahu kertas.
18 Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Strukturnya 2018 (Film, Novel, Perahu Kertas, dan Cerpen)

Teks ulasan adalah teks yang berisi tentang sebuah ulasan atau review hasil penilaian terhadap sebuah karya, bisa drama, film, atau buku. Mengulas sebuah karya harus disertai dengan sikap kritis. Hal ini dilakukan agar bis memberikan paparan berisi manfaat untuk perbaikan dari karya yang diulas. Teks ulasan memiliki struktur orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

Struktur Teks Ulasan

Berikut adalah macam-macam struktur teks yang anda harus ketahui.

 1. Orientasi,
 2. Tafsiran
 3. Evaluasi
 4. Rangkuman


Struktur Teks Ulasan Beserta Contohnya :
1. Orientasi,
Berisi tentang gambaran atau penjelasan umum terkait karya yang diulas. Gambaran tersebut dapat berisi tentang latar belakang karya yang diulas.

Contoh:

Review Drama Korea Goblin

Goblin adalah drama besutan dari penulis yang juga menggarap serial drama Descendant of Sun. Goblin dibintangi oleh Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook, Yoon In Na, dan Seungjae BTOB, serta sederetan artis lainnya. Drama yang tayang di TVN ini tayang dalam 16 episode. Drama ini berkisah tentang pencarian pengantin goblin untuk membuat goblin menghilangkan kutukan kehidupan abadinya.

2. Tafsiran
Berisi tentang gambaran yang disampaikan secara lebih rinci. Rinci yang dimaksud adalah tentang kualitas, kelebihan atau keunggulan, serta keunikan dari karya yang sedang diulas.

Contoh:

Awal episode 1 dibuka dengan alur cerita seorang wanita yang ditakdirkan untuk mati, namun diselamatkan oleh Goblin. Sang wanita yang ternyata sedang mengandung janin, akhirnya dapat terselamatkan dan melahirkan Ji Eun Tak yang tak lain adalah seorang yang ditakdirkan untuk menjadi pengantin goblin.

Dari sinilah konflik mulai dimunculkan, saat goblin mencampuri urusan takdir kematian manusia dan membuat Ji Eun Tak akhirnya menjadi buruan daftar jiwa yang hilang bagi malaikat pencabut nyawa. Konflik yang terjadi di setiap episode semakin beragam dan tidak mudah ditebak. Sehingga penonton dibuat penasaran karenanya. Termasuk saat adegan di mana Goblin dan Malaikat pencabut nyawa sama-sama mengetahui identitas asli masing-masing.

3. Evaluasi
Adalah pandangan atau opini penulis terkait karya. Dalam bagian ini, pengulas memiliki kebebasan untuk berpendapat terkait keunggulan karya dan kekurangan karya demi tujuan memperbaiki bukan menjatuhkan.

Contoh:

Drama 16 episode dengan durasi rata-rata 1 jam 10 menit ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan. Namun kelebihan dan keunikan ceritanya dapat menutupi kekurangan atau kesalahan kecil di dalam drama. ………………………………………….

4. Rangkuman
Berisi kesimpulan hasil ulasan dari karya yang diulas. Dalam bagian ini, penulis akan menyampaikan opininya terkait layak tidaknya karya untuk direkomendasikan kepada orang lain.

Contoh:

Tanpa mengabaikan kekurangan drama, Goblin memiliki karakteristik kuat yang tergambar sepanjang episode dan membuat plot cerita tampil menarik dan tidak membosankan. Oleh karena itu, goblin dapat dijadikan sebagai tayangan yang apik dan berkualitas untuk dinikmati bersama dengan keluarga.


Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Strukturnya


Berikut adalah contoh teks ulasan singkat beserta struktunya tentan cerpen pesahabatan, novel singkat perahu kertas, dan film laskar pelangi.

Contoh 1

contoh 1 merupakan contoh teks ulasan singkat cerpen persahabatan.

Orientasi  
Cerpen “Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan” merupakan cerpen yang dibuat atau karya dari Arief Setiawan. Cerpen ini bercerita tentang kisah cinta remaja yang dilanda sebuah masalah yang rumit. Tebal cerpen ini adalah 3 lembar.

Tafsiran
Cerpen ini diawali dengan dua murid SMP yaitu “Aku” sebagai Adit dan seorang cewek bernama Dewi. Pertemuan mereka diawali saat SMP, Aku sebagai Adit diselamatkan oleh Dewi ketika aku dipalak oleh teman sekelasku yaitu Riki. Namun, pada akhirnya, setelah melalui beberapa tahap hubungan, mereka menjadi teman. Sejak itulah mereka berdua menjadi dekat dan sering curhat satu sama lain.

Dengan sikap Dewi yang baik terhadap Adit, menyebabkan Adit mulai muncul perasaan suka terhadap Dewi. Namun, mereka harus terpisah akibat sekolah mereka yang berbeda. Pada saat SMA Adit memiliki seorang pacar, lalu mereka putus dan akhirnya Adit berpacaran dengan Dewi. Hubungan mereka memiliki masalah karena mantan pacar Adit meminta berpacaran kembali. Di situlah konflik muncul. Namun, Adit mengambil keputusan yang salah dengan kembali kepada mantan pacarnya dan meninggalkan Dewi seorang diri tanpa penjelasan apapun.

Tokoh utama dalam cerpen ini yaitu Adit dan Dewi. Adit adalah orang yang tidak teguh pada pendiriannya dan selalu menyesal di belakang dengan keputusan yang telah diraihnya. Sedangkan Dewi adalah seorang wanita yang baik, tegas, berani membela yang benar, dan juga ia adalah wanita yang disakiti oleh keputusan yang salah diambil oleh Adit.

Pada cerpen ini banyak sekali kesalahan penulisan. Pertama, pada paragraf awal cerpen terdapat kata "acuh". Namun setelah diperhatikan kembali makna kalimat utuhnya, kitapun tahu bahwa ada kesalahan penggunaan kata "acuh" yang dalam kata lain sama dengan "peduli". Jadi, kata "acuh" yang benar diganti menjadi "tak acuh" atau "tidak acuh".

Kedua, soal EYD, di antaranya kata-kata seperti "didepanku", "dimasa", "dikelas", "dihidupku", "dihatiku", "dikotaku", "dikampus", "di elu-elukan", "akupun", dan "sekedar", yang semestinya ditulis demikian: "di depanku", "di masa", "di kelas", "di hidupku", "di hatiku", "di kotaku", "di kampus", "dielu-elukan", "aku pun", dan "sekadar". Perhatikan perbedaan antara kata keterangan tempat/waktu dan kata kerja pasif. "Di-" dalam kata keterangan tempat/waktu seperti "di kelas", "di rumah", "di pagi hari", dan lain sebagainya wajib dipisah dari kata sesudahnya, dengan kata lain berfungsi sebagai kata depan. Sementara, untuk kata kerja pasif seperti "dipukul", "dielu-elukan", dan lain lain, penulisan "di-" wajib digabung dengan kata sesudahnya.

Ketiga, penulisan kalimat dialog. Pelajari pola dan aturan (termasuk tanda baca dan lain sebagainya) yang bersangkutan dengan kalimat dialog dalam sebuah prosa. Dalam suatu cerpen, sebaiknya dialog tidak dibuat seperti dialog dalam sebuah naskah drama. Tetapi di sini penulis justu melakukannya, hingga cerpen ini tampak kurang rapi. Diharapkan agar penulis memelajari penulisan kalimat dialog dalam prosa (cerpen/novel) yang baik dan benar.

Kemudian, untuk kata-kata yang tidak baku seperti "gak", "palak", "ngasih", "udah", "kebayang", dan lain sebagainya terutama yang sering ditemukan dalam dialog sebaiknya ditulis dengan huruf miring. Sebenarnya tidak ada aturan wajib untuk itu. Ada dua pendapat yang berbeda, yang mana salah satunya memperbolehkan diketik dengan huruf biasa. Namun, sebaiknya menggunakan aturan pertama, yakni kata-kata yang tidak baku dan kata-kata dari bahasa asing diketik dengan huruf miring.

Penggunaan tanda baca tidak perlu kita tulis secara berlebihan seperti rangkap dua, tiga, atau empat. Memasukkan emoticon pada tulisan, termasuk cerpen, juga tidak disarankan (sebaiknya kebiasaan ini dihilangkan). Terakhir, untuk penulisan judul, sebaiknya tidak menggunakan huruf kapital seluruhnya.

Evaluasi
Cerpen ini sangat menarik dengan penggambaran isi cerita yang begitu dalam, seperti layaknya tokoh “Adit” yang mengumbar perasaannya secara indah dan mengena. Hal itu tentu saja membuat pembaca cerpen ini merasakan kebahagiaan, kesedihan, pengkhianatan, dan penyesalan yang dialami para tokoh dalam cerita.

Kekurangannya yaitu cerita ini tidak cocok untuk dibaca oleh anak-anak yang masih di bawah umur karena cerita ini menggambarkan tentang kisah percintaan remaja dan adanya adegan kekerasan yang dialami tokoh. Cerita ini juga kurang memberikan pendidikan moral yang baik.

Rangkuman
Cerpen ini kurang bermanfaat bagi pelajar di bawah umur. Walaupun begitu, dalam cerita ini masih terkandung pelajaran moral seperti persahabatan yang didasari kasih sayang antar sesama manusia tanpa memikirkan perbedaan jenis kelamin.

Contoh 2

contoh kedua merupakan contoh teks novel singkat perahu kertas.

Data / Identitas Film : 
Judul Film : Perahu Kertas 1 
Sutradara : Hanung Bramantyo 
Penulis Naskah : Dewi ‘Dee’ Lestari 
Produser : Chand Parwez Servia, Putut Widjanarko 
Pemeran :
Maudy Ayunda sebagai Kugy
Adipati Dolken sebagai Keenan
Reza Rahadian sebagai Remi
Elyzia Mulachela sebagai Luhde
Kimberly Ryder sebagai Wanda
Sylvia Fully R sebagai Noni
Fauzan Smith sebagai Eko
Tio Pakusadewo sebagai Pak Wayan
Ben Kasyafani sebagai Karel
Dion Wiyoko sebagai Ojos (Joshua)
Ira Wibowo sebagai Ibu Keenan
August Melaz sebagai Ayah Keenan
Sharena Rizki sebagai Sekretaris Remi
Musik : Andhika Triyadi
Sinematografi : Faozan Rizal
Penyunting : Cesa David Luckmansyah
Studio :
Kharisma StarVision Plus
Mizan Production
Distributor : 
Kharisma StarVision Plus
Bentang Picture
Dapur Film
Tanggal Rilis : 16 Agustus 2012 
Durasi : 107 menit 
Negara : Indonesia 
Bahasa : Indonesia 
Produksi : Starvision Plus, Bentang Pictures, Dapur Film Indonesia (2012) 

Pembukaan 
           Perahu Kertas merupakan sebuah film yang diangkat dari novel best seller karya Dewi ‘Dee’ Lestari. Kisah tentang kejujuran hati, keterbukaan perasaan, tapi terhalang oleh perasaan yang lain. Perasaan-perasaan yang tumbuh tanpa cinta, saling membohongi, dan saling berpura-pura. Dibintangi oleh Maudy Ayunda sebagai Kugy, Adipati Dolken sebagai Keenan, Reza Rahadian sebagai Remi, Elyzia Mulachela sebagai Luhde, dan Kimberly Ryder sebagai Wanda. Perahu Kertas disutradarai oleh Hanung Bramantyo, salah seorang sutradara film Indonesia yang dikenal seringkali mampu memadukan unsur kualitas dengan nilai jual komersial pada setiap karyanya.

Isi 
           Perahu Kertas mengisahkan pasang surut hubungan dua anak manusia, yaitu Kugy (Maudy Ayunda) dan Keenan (Adipati Dolken). Kugy sendiri diperkenalkan kepada Keenan oleh dua sahabatnya, Noni (Sylvia Fully R) dan Eko (Fauzan Smith), ketika mereka menjemput Keenan sepulangnya pemuda tersebut dari masa belajarnya di negara Belanda. Kisah cinta Kugy dan Keenan tidak lantas berjalan dengan mulus. Ketika pertama kali bertemu, Kugy sedang menjalin kasih dengan Ojos (Dion Wiyoko), pria tampan yang telah ia pacari semenjak masa Sekolah Menengah Atas. Keenan sendiri juga sempat dekat dengan seorang gadis cantik bernama Wanda (Kimberly Ryder). Kugy dan Keenan sama-sama saling menyukai. Keduanya mungkin sama-sama menyadari hal itu. Namun keduanya tidak pernah benar-benar saling menyatakan perasaannya. Kisah bermula ketika mereka berdua kuliah di Bandung. Kugy, yang bercita-cita ingin menjadi penulis dongeng, kuliah di Fakultas Sastra.
          
          Kugy adalah seorang gadis tomboy, periang, dan yang percaya bahwa dirinya adalah agen Dewa Neptunus. Kugy selalu memiliki "ritual" unik, yaitu menulis setiap curahan hatinya ke selembar kertas, yang lalu dibuatnya menjadi perahu untuk kemudian dihanyutkan ke air. Meskipun sekilas dia gadis periang yang ceroboh, namun dia memiliki pemikiran yang dewasa.

           Keenan, pelukis muda berbakat, dipaksa untuk kuliah di Fakultas Ekonomi oleh ayahnya. Bersama dengan sahabat Kugy sejak kecil, Noni (Sylvia Fully R), serta pacar Noni, yakni Eko (Fauzan Smith), yang juga adalah sepupu Keenan, mereka berempat menjadi geng kompak.

          Dari yang semula saling mengagumi, Kugy dan Keenan diam- diam saling jatuh cinta.
Tapi berbagai hal menghalangi mereka. Tak hanya itu, persahabatan Kugy dan Noni pecah ketika Kugy tidak datang pada pesta ulang tahun Noni yang diadakan di rumah Wanda demi menjaga hatinya.

          Keenan akhirnya pergi ke rumah Pak Wayan (Tyo Pakusadewo), seorang pelukis teman lama Lena, sekaligus mentor Keenan melukis. Dalam suasana hati yang gundah, kreatifitas melukis Keenan buntu, tetapi Luhde (Elyzia Mulachela), keponakan Pak Wayan, berhasil mengembalikan semangat Keenan.

          Seorang kolektor langganan galeri Wayan bernama Remi (Reza Rahadian) menjadi pembeli pertama. Ingin cepat meninggalkan Bandung dan lingkungan lamanya, Kugy berjuang untuk lulus cepat. Begitu lulus sidang, kakak Kugy yang bernama Karel (Ben Kasyafani) membantu agar Kugy magang di biro iklan bernama AdVocaDo milik temannya, yaitu Remi. Prestasi kerja Kugy cemerlang, dan menarik perhatian Remi.

           Pada tahun 2004, ibu Keenan datang ke Bali menemui Keenan untuk memberitahu kondisi ayahnya yang sedang kritis. Kemudian Keenan memutuskan untuk pulang ke Jakarta dan sebelum pergi, ia berjanji kepada Luhde bahwa ia akan kembali ke Bali setelah ayahnya sembuh.
Di Bandung, Noni dan Eko berkemas, membereskan barang-barang mereka untuk di bawa ke Jakarta. Saat sedang berkemas, Noni menemukan sebuah kotak yang berisi sebuah buku dan surat di dalamnya. Setelah membaca surat tersebut, ia sadar bahwa ternyata Kugy menyukai Keenan, dan itulah alas an mengapa Kugy tidak menghadiri pesta ulang tahunnya. Kemudian mereka pun bergegas pergi ke Jakarta untuk menemui Kugy dan Keenan.
Beberapa tahun kemudian, secara tak sengaja Kugy dan Keenan bertemu lagi di pernikahan Noni dan Eko. Mereka kembali dekat. Dan sekali lagi, hubungan mereka terbatasi oleh cerita-cerita lain, oleh hati Remi dan Luhde. Perahu Kertas ini menggambarkan hubungan Kugy dan Keenan yang lebih dewasa. Bahwa meskipun mereka saling membutuhkan, namun keduanya telah memilih hati orang lain. Mereka harus menjalankan pilihan itu dengan tulus.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan :
Setiap karakter yang hadir di dalam cerita mampu digambarkan dengan cukup baik.
Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini.
Penampilan pemerannya sangat menjiwai karakter yang diperankan.
Film ini sangat bagus dan menarik. Dimana dalam ceritanya mengangkat tema persahabatan.

Kekurangan :
Terdapat salah satu bagian konflik yang terkesan menarik sementara bagian lainnya terasa datar akibat konflik yang muncul dari sisi kehidupan pribadi masing-masing karakter terlalu banyak yang pada akhirnya justru memecah perhatian penonton.
Film ini terbagi menjadi dua season sehingga membuat penonton harus menunggu season berikutnya.
Akhir ceritanya kurang jelas, masih menggantung sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi para penontonnya.
Penutup 
           Film Perahu Kertas ini memberi pelajaran kepada kita bahwa setiap manusia memiliki takdir hidupnya masing-masing dan usaha keraslah yang mengantar takdir itu ke tangan kita. Oleh karena itu, kita harus menjadi pribadi-pribadi yang percaya diri akan cita-cita yang kita impikan.

Contoh 3 

contoh 3 merupakan contoh teks film laskar pelangi dan sang pemimpi

Laskar Pelangi adalah sebuah film karya Riri Riza yang merupakan salah satu film terbaik Indonesia. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata ini diproduksi pada tahun 2008. Semenjak awal pertama kemunculannya di layar lebar, film ini bernasib sama dengan bukunya, keduanya mendapatkan antusias yang luar biasa dari para penikmat seni di Indonesia, khususnya pecinta film. Hal tersebut tidak terlepas dari tangan dingin seorang produser muda berbakat, Mira Lesmana yang berkolaboarasi dengan Riri Riza, salah satu produser terbaik di negeri ini.  

Hal yang menjadikan film ini menarik adalah para pemain yang dipilih merupakan anak – anak asli Belitung, sebuah daerah yang menjadi latar dari novel aslinya. Mereka memerankan tokoh – tokoh yang ada di cerita tersebut, seperti Ikal, diperankan oleh Zulfani, Lintang diperankan oleh Ferdian, Mahar diperankan oleh Verrys Yamarno, dan begitu juga dengan tokoh – tokoh lainnya. Dengan dipilihnya anak-anak asli Belitung ini memberikan kesan yang mendalam karena kemampuan mereka dalam berakting yang sangat natural dan juga didukung oleh gaya dan logat mereka yang merupakan penduduk asli.

Film ini menceritakan sebuah kisah 10 orang sahabat. Mereka bersekolah di sebuah sekolah kecil SD Muhammadiyah di Pulau Belitung. Pada awalnya sekolah tersebut terancam ditutup karena mimimnya siswa yang belajar. Namun, berkat kegigihan dan keinginan yang kuat dari kesepuluh anak tersebut sekolah itu tidak jadi ditutup. Hal ini juga berkat perjuangan seorang guru yang sangat baik, yaitu  Bu Muslimah yang diperankan oleh Cut Mini dan Pak Harfanh yang diperankan dengan apik oleh Ikranagara. Selain menceritakan kisah persahabatan, Film ini juga menyuguhkan cerita emosional, mengenai Lintang, seorang anak miskin yang sangat pintar. Namun, harus bekerja keras demi bertahan hidup demi adik-adiknya setelah ditinggal mati oleh ayahnya di lautan.

Akibat pemilihan lokasi film yang kebanyakan diambil di luar ruangan, efek gambar dan suara yang dihasilkan sedikit tidak jelas. Namun secara keseluruhan, film ini sangat bagus. Setelah pemutaran perdananya, banyaknya penonton yang terpikat dengan film ini karena isi ceritanya yang memberikan nuansa lain pada film Indonesia yang kebanyakan sedang menggandrungi film horor. Disamping itu, ceritanya juga menarik karena didukung oleh kemampuan para aktor dan aktrisnya yang sangat baik. Terlebih lagi, latar tempat film ini dikemas dengan sangat cantik, yaitu dengan mempertontonkan keindahan Pulau Belitung dengan latar waktu beberapa tahun silam, sehingga bisa menjadi bagian dari promosi pariwisata daerah ini yang merupakan daerah yang baru berkembang.

Oleh karena itu, film ini layak disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. Meskipun film ini diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton kapanpun secara berulang-ulang. Film ini juga dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satupun adegan kekerasan atau sensual. Diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak produser – produser film Indonesia yang termotivasi untuk membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan bisa melebihi film Laskar Pelangi.

Sang Pemimpi
Sutradara        : Riri Riza
Produser         : Mira Lesmana
Penulis            : Salma Aristo, Riri Riza , Mira Lesmana
Music             : Said Effendi
Distributor     : Miles film dan Mizan Production
Rilis                : 17 desember 2009
Durasi             : 120 menit
Bahasa            : Indonesia
Anggaran        : Rp 11 miliar
Prekuel           : Laskar Pelangi
Sekuel             : Edensor
Pemain           :
Vikri Setiawan sebagai Ikal remaja.
Lukman Sardi sebagai Ikal dewasa (juga dalam Laskar Pelangi).
Zulfanny memerankan Ikal kecil (juga dalam Laskar Pelangi)
Rendy Ahmad sebagai Arai remaja. 
Nazriel Ilham (Ariel "NOAH") sebagai Arai dewasa. 
Sandy Pranatha sebagai Arai kecil.
Azwir Fitrianto sebagai Jimbron remaja.
Mathias Muchus sebagai Seman Said Harun, Ayah Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
Rieke Diah Pitaloka sebagai Ibu Ikal (juga dalam Laskar Pelangi).
Nugie sebagai Pak Balia, seorang guru muda pengajar sastra yang inspiratif
Landung Simatupang sebagai Pak Mustar, kepala sekolah yang keras dan galak.
Maudy Ayunda sebagai Zakiah Nurmala, gadis Melayu nan cantik 
Yayu Unru sebagai Bang Rokib, pelaut Melayu yang berpengalaman.
Jay Wijayanto sebagai Bang Zaitun, pemusik Melayu lokal yang lihai soal asmara.
Orientasi 1 :
Sang Pemimpi adalah sebuah film Indonesia tahun 2009 yang diadaptasi dari tetralogi novel Laskar Pelangi kedua, Sang Pemimpi, karya Andrea Hirata. Film Sang Pemimpi adalah sekuel dari Film Laskar Pelangi yang menceritakan tentang kehidupannya di Belitong pada masa SMA.

Orientasi 2 :
Tiga tokoh utama dalam film ini adalah Ikal, Arai dan Jimbron. Ikal tidak lain adalah Andrea Hirata sendiri, sedangkan Arai adalah saudara jauhnya yang menjadi yatim piatu ketika masih kecil. Arai disebut sebagai simpai keramat, karena dalam keluarganya ia adalah orang terakhir yang masih hidup dan ia pun diangkat menjadi anak oleh ayah Ikal. Jimbron merupakan teman Arai dan Ikal yang sangat terobsesi dengan kuda dan gagap bila sedang antusias terhadap sesuatu atau ketika gugup. Ketiganya melewati kisah persahabatan yang terjalin dari kecil hingga mereka bersekolah di SMA Negeri Manggar, SMA Negeri pertama yang berdiri di Belitong.

Tafsiran Isi 1 :
Demi memenuhi kebutuhan hidup, Ikal dan Arai harus bekerja sebagai kuli di pelabuhan ikan pada dini hari dan pergi ke sekolah setelahnya. Namun begitu, mereka tetap gigih belajar sehingga selalu berada dalam peringkat lima teratas dari 160 murid di sekolahnya. Sekolah tersebut berada 30 kilometer dari rumah Ikal dan Arai sehingga mereka harus menyewa kamar dan hidup jauh dari orang tuanya.

Tafsiran Isi 2 :
Pada bukunya, Andrea Hirata menceritakan bahwa Ikal dan kedua temannya adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, Kepala Sekolah SMA Negeri Manggar tersebut. Namun berbeda dengan guru yang bernama Pak Balia, ialah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada muridnya, terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron.

Tafsiran Isi 3 :
Di dalam film tersebut, selama masa SMA, banyak kenakalan yang dilakukan oleh Arai dan Ikal. Mereka pernah mengejek Pak Mustar saat upacara bendera sehingga Pak Mustar marah. Mereka juga pernah menyusup ke bioskop yang tidak mengizinkan anak sekolah untuk masuk dan menonton film dewasa tersebut. Pak Mustar mengetahui hal tersebut sehingga Ikal dan Arai diberi hukuman keesokan harinya di sekolah.

Tafsiran Isi 4 :
Film ini mempunyai kelebihan yaitu menceritakan persahabatan dan setia kawan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam, serta kisahnya yang mengharukan. Hidup mandiri dan terpisah dari orang tua dengan latar belakang kondisi ekonomi yang sangat terbatas namun mempunyai cita-cita yang besar.

Tafsiran Isi 5 :
Sayangnya, alur dalam cerita tersebut tidak jelas karena waktunya di bolak-balik sehingga ceritanya membingungkan penonton.

Evaluasi :
Film ini sangat memotivasi pelajar terutama pelajar SMA, kisah yang mengharukan namun menyenagkan untuk ditonton serta menceritakan tentang persahabatan dan setia kawanan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitu mendalam. Selain itu, banyak kejadian lucu yang menarik bagi penontonnya.. Penonton film Sang pemimpi menembus 2 juta penonton dan menjadi film terlaris sepanjang masa. Film ini bisa ditonton oleh semua kalangan.

Rangkuman :

Pelajaran yang dapat diambil dalam film Sang Pemimpi yaitu bahwa semangat dan sifat pantang menyerah dapat mengalahkan segala ketidakmungkinan selama kita mau berusaha dengan maksimal, kesetian dan saling percaya dan saling menjaga juga kunci dari menjalin hubungan yang sejati bersama sahabat. Dan mimpi adalah sesuatu yang penting, karena mimpi merupakan anak tangga pertama untuk menuju kesuksesan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Klik (X) kali tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×